Creamy ‘Mac n Cheese’ without dairy

IMG_3843

Creamy ‘Mac n Cheese’ w/o dairy

Hello!

Hari ini saya mau berbagi resep kesukaan anak saya yang memang pecinta pasta, Mac n Cheese, tapi yang ini tanpa dairy product, tanpa tambahan yang aneh-aneh seperti kalau beli yang dari produk kotakan, semua bahan original dan bisa didapatkan di hampir semua supermarket lokal. Terus cream nya dari mana? Labu kuning! yes.. labu kuning ini bisa enak sekali dan menjadi pengganti yang terbaik untuk cream. Resep asli nya saya dapatkan dari Fork over Knives, tapi kemudian saya ganti sedikit menyesuaikan lidah Indonesia dan supaya lebih gampang cara masaknya.

Alasan saya tidak pakai dairy product (susu, sapi, keju sapi, atau dairy cream) adalah karena anak saya ada sedikit alergi dan menurut yang saya baca dan pelajari produk susu sapi itu tidak selalu baik. Anak saya bukan vegan, dan sekali – sekali masih mengkonsumsi produk dairy tapi kalau bisa dikurangi saya selalu pilih untuk kurangi. Saya bukan dokter dan bukan ahli gizi jadi saya tidak akan membahas tentang kalsium disini. 🙂 Tujuan resep ini adalah membuat versi mac n cheese yang lebih berbasis tumbuhan. 🙂

Okay! Jadi bahan yang dibutuhkan adalah:

  • 2cup Macaroni pasta – atau jenis pasta lain, saya pakai quinoa spiral pasta, masak sesuai petunjuk
  • 1/2 labu kuning (butternut pumpkin) kupas dan dipotong dadu
  • 3 siung bawang putih
  • 1 brokoli – cuci bersih, ambil bagian bunga nya saja (simpan batang nya bisa di tumis untuk makanan lain)
  • 1 1/2 cup susu almond
  • 1 sdm flaxseed bubuk (ground flaxseed)
  • 2 sdm nutritional yeast (optional) 
  • 1 buah kurma – buang bijinya
  • garam secukupnya

Cara nya:

  1. Masak pasta sesuai petunjuk dan sisihkan
  2. Kukus labu dan bawang putih selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang dan cukup lunak
  3. Kukus brokoli 10-15 menit hingga tingkat kematangan yang sesuai, angkat dan sisihkan, dapat dipotong lebih kecil lagi sesuai selera.
  4. Masukan labu, bawang putih, kurma, susu almond, dan nutritional yeast (jika pakai) ke dalam blender dan proses hingga cukup halus.
  5. Tambahkan flaxseed dan garam secukupnya ke dalam blender dan proses hingga tercampur rata
  6. Masukan krim labu tadi ke dalam panci dan nyalakan api kecil
  7. Tambahkan pasta dan brokoli aduk hingga rata dan cukup hangat
  8. Sajikan segera!

Kitchen note:

  • Nutritional yeast ini memberikan rasa dan wangi seperti keju, kalau tidak punya atau susah carinya tidak perlu pakai ini juga sudah enak 🙂 
  • Kurma disini memberi rasa manis mengimbangi asin dari garam tanpa harus menambah gula putih. Buat saya ini enak sekali tapi dicoba saja mungkin tidak semua orang cocok 🙂 
  • Flaxseed membuat labu cream ini lebih kental dan memberikan extra nutrisi 
  • Kalau yang suka bikin bone broth/kaldu dari tulang (resep ada di postingan blog saya) bisa juga ditambahkan sebagai pengganti susu almond atau kombinasi keduanya, pasti lebih gurih! 

Resepnya gampang dan semoga semua yang mencoba bisa suka! 🙂

Salam manis selalu dari dapur ku,

Ika

Leave a Reply

