Kenapa Makan Pagi itu Penting?

Kenapa makan pagi itu penting ya? Kenapa harus makan pagi? Kan repot pagi-pagi harus bangun lebih pagi dan meyiapkan makanan sebelum aktifitas.

Makan pagi itu adalah yang paling penting, jauh lebih penting dari makan siang dan makan malam. Makan pagi memberikan energi baru setelah semalaman berpuasa. Makan pagi yang dalam bahasa inggris adalah breakfast, berasal dari kata break fasting yang artinya membatalkan puasa. Tanpa makan pagi, kita akan seperti mobil yang siap jalan tapi tangki bensin nya kosong, tidak punya energi!

Apa yang dimakan pada saat makan pagi juga sangatlah penting! Makan pagi yang benar harus mengandung nutrisi yang bagus dan diperlukan tubuh untuk memulai aktifitas, seperti kalsium, zat besi, vitamin B, protein, mineral, dan serat. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh dan sangatlah penting untuk memasukan mereka ke dalam menu makan pagi kita. Sangat disarankan untuk makan pagi dalam kurun waktu 2 jam setelah bangun tidur, tentunya setelah minum air putih terlebih dahulu.

Inilah beberapa fakta baik tentang makan pagi:

  1. Tau ga sih? Makan pagi juga bagus untuk menjaga supaya bisa tetap langsing. Hasil riset membuktikan bahwa orang-orang yang menyempatkan makan pagi dapat menjaga berat badan dengan lebih baik daripada orang yang melewati makan pagi.
  2. Riset juga membuktikan bahwa kebiasaan makan pagi memberikan nutrisi yang bagus ke otak dan membantu untuk memiliki daya ingat dan konsentrasi yang baik, terutama untuk anak-anak yang masih bersekolah.
  3. Makan pagi dapat membantu memberikan mood dan emosi yang seimbang sepanjang hari, serta mengurangi kadar stress. Menurut penelitian ini ada hubungannya dengan kadar gula atau glukosa yang dikembalikan dengan makan pagi setelah puasa panjang sepanjang malam.
  4. Penelitian pada anak-anak membuktikan bahwa makan pagi mempunyai peran besar dalam nilai yang bagus di sekolah, sikap yang baik, dan fokus dalam tugas.
  5. Makan pagi bersama keluarga akan meningkatkan rasa kebersamaan dan kepercayaan diri anak sebelum aktifitas harian nya dimulai. Menambah waktu antara orangtua dan anak di pagi hari sangatlah baik untuk perkembangan anak.
  6. Makan pagi memberikan energi paling banyak yang diperlukan untuk aktifitas sepanjang hari.
  7. Makan pagi mengurangi resika penyakit jantung dan kelebihan berat badan.

Tapi, tentunya apa yang dimakan di pagi hari juga sangatlah penting. Bila makan pagi kita sepiring besar donat yang berlapis krim dan gula mungkin bukanlah pilihan yang baik.

Ini ada beberapa ide makan pagi yang bisa dicoba, cocok juga untuk yang sibuk:

  1. Smoothies is the best option! Just blend, grab, and go! Isi smoothies bisa sayuran dan buah, lemak baik seperti alpukat, dengan super food, bisa juga ditambah oatmeal kalau mau lebih kenyang (Silahkan mampir ke artikel Minuman Hijau kalau mau tau lebih banyak tentang green smoothies) Sayuran dan buah bisa disiapkan malam sebelumnya atau langsung siapkan untuk menu 1 minggu dalam kotak terpisah di kulkas.
  2. Buat makan pagi dari malam sebelum nya yang siap dibawa di pagi hari, misalnya: overnight oatmeal dengan potongan buah, atau granola dengan susu almond. Oatmeal /bubur gandum, yang juga terdapat di granola, akan dicerna dengan perlahan di dalam perut dan melepas energi secara perlahan-lahan dan membuat kenyang lebih lama.
  3. Buah potong yang juga bisa disiapkan malam sebelumnya, bisa dimakan dengan chia puding atau oatmeal.
  4. Telur! Selalu jadi favorit anak saya. Bisa di- omelet, dadar, atau ceplok, jangan lupa menambahkan 1 porsi sayuran. Paling gampang dibuat jadi omelet campur dengan maca-maca sayuran yang bisa disiapkan terlebih dahulu dari malam sebelumnya atau beberapa hari sebelumnya, misalnya parutan wortel, kentang, ubi, tambah bayam, kailan, buncis, caisim brokoli, wah banyak sekali pilihan nya. Biasanya saya tumis bawang putih dan bawang bombay cincang sebentar sampai wangi, lalu masukan sayuran yang lebih keras terlebih dahulu, masak sebentar hingga agak lunak, angkat dan campurkan dengan telur. Tambahkan sayuran hijau lalu masak seperti memasak omelet biasanya. Jangan lupa garam dan merica. Buat anak yang susah makan sayur, ini cara paling jitu dan rasanya pasti enak!!!

Ada pepatah yang mengatakan: “Makan pagi seperti Raja, Makan siang seperti pangeran, dan makan malam seperti pengemis”

Jadi jangan lupa makan pagi yah!! `

Salam manis dari dapurku,

Ika

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s